You are here
News 

Disiplinkan Siswa, Satpol PP Jateng Goes to School

SEMARANG (LN) – Satpol PP Provinsi Jateng membentuk kader disiplin siswa melalui program Satpol PP Goes to School (SGS). Program anyar tersebut diluncurkan awal Mei 2017.

Kepala Satpol PP Jateng, Sinoeng N Rachmadi mengatakan bentuk kegiatan yang dijalnakn berupa sarasehan bersama kepala sekolah dan guru SMAN dan SMKN. Sarasehan dilakukan secara bertahap di beberapa kabupaten/kota.

Melalui pertemuan tersebut diharapkan ada sinergitas  antara Satpol PP dan pihak sekolah. Termasuk para siswa, dalam penegakan disiplin dan  perwujudan kondusivitas tramtibmas. Selain itu juga perlindungan terhadap perempuan dan anak di Jateng.

“Itu sebagai langkah awal untuk program serupa di SMAN dan SMKN se-Jawa Tengah,” kata Sinoeng, kemarin.

Pihaknya akan mengadakan dialog interaktif tentang penegakan disiplin aparatur sipil negara (ASN), guru, dan tenaga pengajar. Sinoeng berharap program SGS berkembang dengan terbentuknya kader disiplin siswa. Kader disiplin bukan dimaksudkan agar siswa dapat bertindak keras dan arogan terhadap pelanggar disiplin. Melainkan tetap mengedepankan siis kemanusian dalam perwujudan tramtibmas di sekolah dan lingkungan tempat tinggal. Jadi, mereka dituntut melakukan pendekatan persuasif, komunikatif, dan edukatif.

“Dengan demikian akan mengeliminasi metode kekerasan dalam penindakan. Kami lebih menekankan pada upaya terus menerus menumbuhkan kesadaran trantib melalui pelibatan siswa,’’  kata Sinoeng.

Di sisi lain, para siswa juga diajak menjadi mata dan telinga dalam upaya perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan dan pelecehan seksual. Sekaligus menekan angka kejadian yang dilakukan oleh para remaja. Kedepan, Satpol PP juga akan melibatkan LSM Setara, khususnya dalam mengampanyekan tentang perlindungan perempuan dan anak dari kekerasan dan pelecehan seksual, tandas Sinoeng.

Di samping SGS, pada 17 Mei mendatang, Satpol PP juga akan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD)  tentang peran Satpol PP dalam penegakan disiplin ASN kependidikan dan medis di Hotel Kosambi Semarang. Pihaknya berencana menghadirkan narasumber Ketua Umum PGRI Jateng, Dirut RSUD Margono Soekarjo Purwokerto, serta Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jateng. (sy)

Related posts

Leave a Comment